Senyuman diatas senyuman







by: Anis Affandi





Anis Affandi didepan lukisan “ayat Kursi Tosca”
SENYUMAN DI ATAS SENYUMAN
By: Anis Affandi
Setiap lukisan punya kenangan bagi penonton, terlebih bagi pelukisnya. Kenangan itu kadang terus menempel dalam hati dan pikiran pelukis, meski karyanya sudah dikoleksi orang lain. Jadi, bisa dibilang, setiap lukisan adalah penggalan kenangan.
Lukisan ini, “Ayat Kursi Toska”, punya arti khusus buat saya. Saya selalu merasa tentram setelah melukis karya ini. Adem, bahagia. Apalagi, ketika lukisan ini kelar, tahun 2006.
Ini lukisan ayat kursi yang dituliskan dalam kaligrafi Syikasteh. Syikasteh merupakan kaligrafi yang berbasis anatomi bentuk kaligrafi Farisi, tetapi dengan memanjangkan dan meliukkan bagian-bagian ujung huruf. Jika Farisi tampak elegan, Syikasteh memanggungkan yang elegan itu dalam rangkaian yang dinamis.
Dalam gaya Sykasteh, ada kejutan-kejutan dalam lengkungan ujung huruf atau kerapatan antar huruf, dan semua itu diserahkan pada kaligrafer untuk menatanya secara luwes. Jika melihatnya lama-lama, kita akan menemukan rima lambat-pelan, renggang-rapat, panjang-pendek. Rima itu bergeser dan berganti-ganti sesuai komposisi yang dirancang kaligrafer.
Lukisan saya menampilkan gaya Syikasteh. Ini bukan rekaan saya, melainkan saya copy dan tulis ulang dari karya salah seorang master kaligrafi asal Persia. Dalam lukisan saya, kaligrafi itu diwarnai emas. Lantas, latar belakangnya dibuat warna toska–warna antara biru dan hijau. Paduan antara kakigragi emas dan latar belakang toska terasa meneduhkan.
Saya sengaja membuatnya tampil sederhana. Tak ada tambahan lagi selaian kaligrafi dan latar belakang itu. Kenapa? Biar kita bisa fokus menikmati kaligrafinya dan paduan warna toskanya, tanpa terusik oleh pernak-pernik elemen visual yang lain.
Suatu ketika, tahun 2005, saya dipotret di depannya. Foto saya di depan lukisan ini menjadi salah satu foto yang dianggap “berhasil”. Entah bagaimana, lukisan ini terasa membantu saya untuk terlihat bahagia. Saya tersenyum dan ketika saya melihat senyuman itu saya akan tersenyum juga.
Oh ya, saya sudah mengarsipkan sejumlah lukisan kaligrafi saya dalam blog. Silakan mengunjuni link berikut:
https://anisaaffandi.wordpress.com/2020/02/03/senyuman-di-atas-senyuman/



  • WhatsApp WhatsApp Kami