Alat Tulis Kaligrafi







Kaligrafi merupakan seni menulis indah, yang dalam pengaplikasiannya tentu membutuhkan berbagai peralatan diantaranya adalah alat tulis kaligrafi.

alat tulis kaligrafi

Kaligrafi dalam bahasa arab disebut juga dengan “Khot” yang berarti garis atau tulisan indah, sehingga dapat disimpulkan bahwa kaligrafi adalah kemampuan menulis indah atau tulisan elok atau cantik.

Selain itu beberapa tokoh juga mengutarakan pengertian tentang kaligrafi diantaranya syekh Syamsudin Alkaftani yang mengemukakan bahwa “Khat/Kaligrafi adalah suatu ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya dan cara-cara merangkainya menjadi sebuah tulisan yang tersusun”1.

Sedangkan menurut Syaharudin, “kaligrafi adalah tulisan yang dirangkai dengan nilai estetika yang bersumber pada pikiran/ide dan diwujudkan dengan benda materi (alat tulis) yang diikat dengan aturan tertentu”2.

Menulis kaligrafi tentu tidak lepas dari penggunaan alat tulis yang digunakan.  Ada banyak alat tulis yang digunakan dalam penulisan kaligrafi misalnya saja kalam, spidol ataupun kuas tergantung tujuan dan kerakteristik tulisan yang akan dibuat.

Di era modern, menulis indah “Kaligrafi”  merupakan salah satu kegiatan yang sering dilombakan. Di Indonesia sendiri perlombaan kaligrafi dalam event MTQ dibagi menjadi beberapa cabang yaitu mushaf, naskah, dekorasi dan lukis kontemporer. Setiap cabang tentunya membutuhkan alat tulis yang berbeda. Misalnya saja untuk cabang naskah dan mushaf dibutuhkan kalam untuk menulis, baik itu kalam handam, kalam jawi ataupun kalam bambu. Sedangkan pada cabang dekorasi dan lukis kontemporer pada umumnya menggunakan kuas dan spidol.

Untuk memperindah tulisan, biasanya kaligrafi juga dihiasi dengan berbagai ornamen. Ornamen dapat dibuat dengan menggunakan kuas ataupun spidol marker warna warni seperti posca atau miniso.

Berikut alat tulis yang sering digunakan dalam  penulisan kaligrafi:

#1. Kalam

alat tulis kaligrafi kalam kaligrafi
  1. Kalam Handam, dibuat dengan menggunakan batang dari tumbuhan Paku Resam, yang mempunai tekstur keras dan permukaannya licin sehingga sangat cocok digunakan untuk alat tulis khususnya kaligrafi. Batang resam diraut dan ujung dipotong disesuaikan seperti pena kaligrafi. Pada umumnya ukuran kalam handam bervariasi mulai 1mm – 8mm.
  2. Kalam Jawi, dibuat dengn menggunakan lidi aren, lidi aren mempunyai tekstur keras dan licin sehingga cocok digunakan sebagai alat tulis. Karena ukuran lidi aren yang kecil, maka fungsinya hanya sebagai mata pena. Sedangkan gagang pena dibuat tersendiri dari kayu atau bambu. Dalam pembuatan kalam jawi, lidi aren harus dipotong dan dibentuk dengan kemiringan yang disesuaikan seperti mata pena.
  3. Kalam Bambu, Bambu yang digunakan adalah bambu yang sudah tua, keras dan tidak terlalu tebal. Bambu merupakan tumbuhan yang mudah dijumpai, selain itu bambu juga memiliki penampang yang besar, sehingga dapat dibuat kalam dengan ukuran mata kalam kecil hingga besar.

#2. Pulpen Kaligrafi

Pena Kaligrafi siap pakai banyak tersedia dipasaran dengan berbagai merk seperti Hero, Parker, fountain, snowman, dll.

#3. Kuas Kaligrafi

a. Kuas List

Kuas List mempunyai bentuk ujung yang lancip sehingga biasanya digunakan untuk membuat garis maupun hiasan atau ornamen kaligrafi.

b. Kuas Blok

Kuas Blok mempunyai bentuk lebar dan pipih. Biasanya pada cabang kaligrafi mushaf, dekorasi maupun lukis kontemporer.

c. Kuas Tulis

Kuas tulis mempunyai bentuk pipih dan ujungnya dipotong miring dibentuk seperti pena kaligrafi. Biasanya digunakan peserta kaligrafi cabang dekorasi.





alat tulis kaligrafi kuas kaligrafi

#4. Spidol Khusus Kaligrafi

Berikut beberapa nama spidol untuk kaligrafi:

a. Paint Marker

Paint Marker adalah spidol warna warni yang biasanya digunakan untuk membuat hiasan atau ornamen kaligrafi. Paint Marker menggunakan cat acrylic yang bisa ditulis hampir disemua permukaan termasuk kertas, foto, kaca, kayu, plastik dan logam.

Paint marker bersifat opaque ink sehingga jika ada tumpukan warna, maka warna yang ditimpa tidak blending.

Spidol ini biasanya juga bersifat waterproof  sehingga tidak luntur jika terkena air. Ada beberpa merk Paint Marker yang sering digunakan, diantaranya Posca, Miniso, Poster, Snowman, dll.

b. Spidol Artline

Pada umumnya spidol artline yang digunakan penulis kaligrafi adalah spidol artline90. Banyak digunakan peserta kaligrafi cabang naskah.






Itulah beberapa alat tulis kaligrafi yang perlu diketahui oleh para kaligrafer pemula.

Apay Art menyediakan berbagai alat tulis kaligrafi. Bagi sahabat yang ingin mengetahui daftar harga alat tulis kaligrafi, dapat dilihat pada link berikut : Peralatan Kaligrafi

Bagi sahabat yang ingin memesan alat tulis kaligrafi, dapat menghubungi kami :

Apay Art Kaligrafi

Telp. / WA : 082282767934




  • Tags:  , , , , , , ,
  • WhatsApp WhatsApp Kami